Maret 29, 2009

Mak Uneh

Hari senin. Hari pertama gw dalam satu minggu itu dibuka dengan kuliah jam SETENGAH DELAPAN PAGI. Monyong. Mana tiap kali kuliah gw selalu dateng telat pula. Atau lebih tepatnya, gw SENGAJA dateng telat. Kenapa demikian?? Hal ini disebabkan karena kelakuan dosen gw yang, sumpah, sangat-amat-aneh-dan-nyebelin-banget. Dan gw sudah jadi korban ketidakwarasan dosen gw sebanyak dua kali. Yang ke dua baru tadi pagi kejadiannya.

Jadi, di Hari Senin ini, gw bangun dengan telat seperti biasa. Biasanya gw selalu berangkat 1 jam sebelum kelas dimulai. Tapi buat kuliah hari Senin pagi ini, berangkat setengah jam sebelum kelas mulai juga udah lebih dari cukup. Biarpun nyokap gw sudah mulai mengeluarkan "kicauan" di pagi hari, tetep kaga ngaruh. Gw tetep berangkat jam 7 pagi dari rumah. Dan gw sampai di kelas dengan terlambat seperti biasa.

Sebenernya gw udah pernah cerita tentang dosen yang ini di postingan sebelumnya. Dosen ini tuh yang kalo ngomong pasti diakhiri dengan kata "NGERTI??" atau "BETUL???" atau "SETUJU???" Iya. Gw jamin kalian pasti udah cengo duluan bacanya. Apalagi gw yang ngerasain dijejelin kayak gituan tiap hari Senin pagi. Tapi ini sungguhan sodara-sodara sebangsa dan setanah airku. Manusia ini memang nyata adanya. Luar biasa. Sungguh sajian yang tepat buat ngerusak seluruh hari gw.

I won't mention her name here. Tapi ga mungkin dong kalo ga ada sebutannya. Jadi di sini sang manusia langka ini akan gw sebut dengan :

MAK UNEH (eMAK-emak yang suka aNEH)

Dulu gw udah pernah kena semprot sama si Mak Uneh. Sebenernya yang gw tanyain tuh tentang logika dasar pemrograman. Kalo gw tulis di sini sih belum tentu semua yang baca bisa ngerti. Tapi pertanyaan gw kalo diterjemahin tuh kurang lebih seperti KENAPA 1 + 1 = 70 DI KELAS DIA ???

Aneh kan?? Eksklusive banget. Pokoknya kalo dia bilang A, maka harus A. Kalo dia bilang 1 + 1 = 70, maka mahasiswa harus nurut. Gw?? Sori. Gw udah gede sekarang. Gw udah bisa nentuin mana yang bener dan mana yang salah. Dan gw juga berhak nyatain argumen gw pada dosen gw kalo gw ngerasa ada penjelasan dosen gw yang GA MASUK AKAL. Kasus pertama dimulai minggu lalu. Di mana para mahasiswa diminta mengerjakan latihan, dan kalo udah beres dikumpulin ke si Mak Uneh. Gw ngeliat latihan temen gw yang udah dikumpulin dan dibenarkan oleh Mak Uneh. Padahal gw ngerasa kalo jawaban temen gw tuh salah. Gw yakin kalo jawabannya bukan kayak gitu. Jadi gw pun maju ke depan walaupun latihan gw masih belum beres. Harap dicatat. Gw bukan bermaksud buat ngejatohin temen gw yang jawabannya sudah dianggep bener sama Mak Uneh. Tapi gw cuma penasaran aja. Ini sebenernya yang bener yang mana??

Dan terjadilah perdebatan tersebut.

Gw : Bu. Saya mau nanya. Kenapa kalo di sini kok jawabannya seperti ini?? Padahal harusnya kan ini?? BLA...BLA...BLA...BLA....BLA... *pertanyaan dalam bahasa IT*
Mak Uneh : Oh iya. Yang ini bener. Tunggu sebentar. Ini latihan punya kamu bukan??
Gw : Bukan, Bu. Saya cuma mau nanya. Kenapa....
Mak Uneh : GAK BISA. Kamu harus kerjakan latihan kamu dulu. Sesudah itu baru kamu tanya saya.
Gw : Iya, Bu. Tapi saya cuma mau nanya. Kenapa...
Mak Uneh : GAK BISA!! Saya tidak mau coret-coret di kertas temen kamu ini.
Gw : Iya, Bu. Saya ga minta Ibu buat coret-coret kok. Saya cuma mau nanya, kenapa...
Mak Uneh : GAK BISA!!! Pokoknya kamu harus kerjakan latihan kamu dulu. Lalu.....
Gw : MAKASIH, BU!! (gw langsung duduk lagi tanpa nunggu Mak Uneh beres ngomong)

Luar biasa ya?? Seorang mahasiswa belum beres ngomong apa-apa tapi langsung DI-REJECT dengan sadisnya oleh dosennya. Bombastis. Gara-gara digituin, otomatis mood belajar gw hilang entah ke mana, dan gw ga berniat buat nyari si mood ini. Gw pun berleha-leha sampai beres kuliah. Gw cuma merhatiin dikit doank. Rada ga ngerti sih, tapi bodo amat. Gw sama sekali kaga ada niat belajar lagi di hari itu.

Pengalaman di atas tadi tuh terjadi minggu kemaren. Dan baru tadi pagi, gw dapet doorprize lagi di kelas. Nih dosen emang seneng cari ribut kali ya.

Jadi tadi pagi, kembali para mahasiswa diberi latihan sama Mak Uneh. Dan seperti biasa pula, yang sudah selesai bisa ngumpulin ke Mak Uneh buat diperiksa. Gw yang kebetulan udah beres, dengan PD-nya maju ke depan. Dan kembali ditemukan kesalahan dalam latihan gw. Dan gw pun kembali menemukan kesalahan dalam dosen gw. Sekali lagi gw bertanya. Maklum kan kalo mahasiswa yang ga ngerti nanya ke dosennya. Tapi kali ini gw nanya dari tempat duduk gw yang kebetulan berada di deret depan. Hari ini spesial. Kenapa??? Simak percakapan berikut.

Gw : (bertanya dari tempat duduk sendiri) Bu. Saya mau nanya. Kenapa k......
Mak Uneh : GAK BISA!! BUAT DULU LATIHAN KAMU!!
Gw : Tapi, Bu. Saya mau nanya....
Mak Uneh : TIDAK BISA!!!
Gw : Bu! Saya ada pertanyaan......
Mak Uneh : TIDAK BISA!!!
Gw : BU!! SAYA PUNYA PERTANYAAN!!
Mak Uneh : ...........
Gw : (gw ngejelasin tentang pertanyaan gw)
Mak Uneh : KAMU YANG SALAH!!! SEHARUSNYA.................................... (penjelasan singkat dari Mak Uneh). HEI!! LIAT SINI!! GA USAH LIAT KERTAS KAMU!! TIDAK USAH BERUSAHA MEMBENARKAN DIRI KAMU!! Sekarang coba dengarkan................

Mak Uneh pun ngom
ong kelas. Gw, yang dari tadi udah nahan emosi, langsung pergi ke toilet tanpa bilang permisi. Sumpah. Kalimat yang gw cetak besar dan tebal itu beneran. Waktu ngomong itu, gw udah dalam keadaan sangat melotot dan setengah berteriak. Gw udah emosi banget. Nih dosen mau ngasih kuliah atau ngajak berantem ?!! Sarap.

For your information. Pertanyaan yang gw tanya itu sebenernya wajar. Karena Mak Uneh memang BELUM NGEJELASIN tentang bahan yang gw tanya itu sebelumnya. Sableng. Dan Mak Uneh tetep keukeuh dan yakin kalo dia UDAH NGEJELASIN SEBELUMNYA. Terang aja emosi. Udah jelas belum pernah ngasih tau, jadi kalo salah wajar dong. Gw kan kaga tau mana yang bener dan mana yang salah. Kalo udah pernah dikasih tau sebelumnya sih kaga akan gini ceritanya. Dan di mata dia, gw berada dalam posisi SANGAT AMAT BERSALAH.

Waktu
gw ngacir ke toilet, temen gw, David, taunya nyusul gw ke toilet juga. Ternyata dia berada di kubu gw, yaitu Kontra-Mak Uneh. Dia bilang,

"Nic, kalo tadi lu ngebales ngebentak, gw bakalan bantuin lu. Truz kalo sesudah lu marah-marah lu langsung pulang, gw juga bakalan langsung pulang, Nic. "

Waw. Ga nyangka taunya gw punya temen yang solider gini. Tapi kalo gw beneran pulang dan dia ikut gw pulang, gw curiga. Ini beneran solider atau gara-gara kaga tahan nahan ngantuk di kelas ???

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertama-tama,
hmmm...
Tampilan blogmu sekarang lebih menarik, Nich.
Ada apa gerangan ganti lagi?

Tentang Mak Uneh:
Gedubrak banget dia tuh.
Asli ngeselin banget (padahal baru baca doang udah ikut emosi).

Tahan dulu aja, Nich sampai nilai kuliahnya keluar.
Ntar kalo ditandain si Mak Uneh kan bisa berabe.
3 kali ngambil kuliah itu tapi tetep dikasih D terus kan kasian di Elu juga.

Nyang penting nilai ujianmu bagus.
Abis itu baru deh, ...
REVENGE TIME!!!
HUAHAHAHAHAHA....

anak strezzz mengatakan...

pertama-tama,
hmmm...
iya nih. gw emang lagi nyari tampilan yang lain. soalnya yang sebelumnya kurang bagus. yang ini kan rada mendingan.

Tentang Mak Uneh:
gile. taunya lu juga bisa ikutan napsu baca postingan ini ben. emang tuh orang sangat amat nyebelin banget. bayangin. tiap hari senin selama 2 jam setengah lu bakal dapet mata kuliah baru yang bernama MELATIH KESABARAN. sungguh mata kuliah yang tidak mudah.

FeLix mengatakan...

wah..nik..emank bener kata lu c mak uneh ini emank rada aneh bin ajaib binti Nyebelin..gw jg udah sebel bgt ama ini dosen..bener2 kelewatan ini dosen, klo gw punya kesempetan bunuh orang..dya orang pertama...WKWKWKWK...nice ko..keep posting..

anak strezzz mengatakan...

wakakaka....
sekali lagi gw mendapat sekutu Kontra-Mak Uneh....
huahahaha....
ayo lix..
SATU UNTUK SEMUA!!
DAN SEMUA UNTUK GUA!!!
wakakakkaa...

dapid mengatakan...

nik...
petama... jgn mak uneh namanya... telalu bgs nik... rumah makan mak uneh enak lho... cari aja mak2 yg lain yg lebih hina... wkwkwk...
kedua... bkn ngantuk jadi pngn pulang... tapi kayanya rame aja cari ribut ma dia... wkwkwk...
udah......