November 28, 2010

Victory is not a coincidence

Tanggal 19-20 November kemaren, jadi momen yang berkesan banget buat gua. Bukan karena Si Merah mendadak jadi kinclong lagi (secara emang masih belum sempet gua cuci), tapi karena suksesnya Kejuaraan Taekwondo Maranatha Cup 2010 di kampus gua. Di mana gua berposisi sebagai koordinator acara di sana. Tema dari Maranatha Cup ini adalah Victory is not a coincidence, yang artinya selamat pagi bahwa kemenangan memang bukan sebuah kebetulan, tapi hasil dari kerja keras dan banting tulang (secara emang ada banyak tulang yang dibanting di kejuaraan ini).

Buat gua yang notabenenya bukan anak taekwondo, dan bahkan ga tau taekwondo itu makanan jenis apa, Maranatha Cup tetep jadi event yang luar biasa buat gua, soalnya ini adalah event TERBESAR yang pernah gua pegang. Ruang lingkupnya se-Jawa Barat. Dan ga maen-maen lagi, peresmiannya pun langsung sama wakil gubernur jawa barat, Dede Ucup Yusuf. 

Ada banyak suka dan duka di sini. Yang pastinya banyak banget pengalaman baru yang gua dapet di sini. Salah satunya tentang opening ceremony secara formal dari sebuah kejuaraan. Jadi gua udah buat rundown untuk opening ceremony. Tau rundown kan?

run = lari.
down = bawah.
rundown = susunan acara.

Ya, semua pasti tau apa itu rundown setelah gua jelasin dengan gamblang sekali tadi. Kalo di taekwondo, orang yang senior / pelatih / orang yang lebih tua kita panggil dengan sebutan Sabum (bacanya : Sabum / sabam, sampe sekarang gua masih bingung mana yang bener). Dan salah seorang Sabum yang ikut bantuin panitia bilang kalo rundown gua udah oke dan tinggal diprint aja. Voila! Rundown pun selesai diprint dan siap dihidangkan. 

Tanggal 18nya ada Gladi Resik (GR) di Gedung Serba Guna (GSG) kampus gua. Di sana mulai berdatanganlah pihak-pihak yang sebelumnya belum pernah tampak batang hidungnya. Salah satunya adalah seorang Sabum yang jadi Supervisor, alias penanggung jawab, buat pertandingan besoknya. Sebut saja namanya Sabum Samsul. Dan gua pun mendatangi orang tersebut dan ngasih liat rundown gua yang udah gua buat dengan bercucuran darah dan keringat. Hasilnya? 


Wah. Salah ini mah. 
Jangan kayak begini. Harusnya....................... 

Dan rundown gua pun salah semuanya. Rundown yang hari sebelumnya udah oke kini salah semua. Revisi dari Sabum kali ini gua catet semuanya dan menghasilkan rundown baru, yang lebih mirip kayak resep obat dari apotek gara-gara gua nulis extra cepet. Tapi ya sudah lah. Yang penting kali ini udah bener rundownnya. Tapi ternyata sekali lagi gua salah.

Besoknya, detik-detik menjelang Opening Ceremony, protokoler dari Wagub datang duluan ke arena pertandingan. Maksudnya untuk mengecek situasi di sini aja, soalnya Wagub sudah  On the Way. Begitu katanya. Well, karena gua pengen segala sesuatunya berjalan lancar dan mulus tanpa cacat sedikitpun, gua pun ngasih liat rundown yang kemaren udah direvisi habis-habisan itu. Respon dari Pak Protokoler adalah : 

Pak Protokoler (PP) : Kok aneh sih? 
Gua : Aneh gimana pak?
PP : Ini kamu mau ke arah formal atau non-formal acaranya?
Gua : Hmmm, formal pak.
PP : Ya tapi ini dari rundownnya nanggung, antara formal sama non-formal.
Gua : Jadi gimana pak?
PP : Ada bolpen ga? 
Gua : *ngasih bolpen yang gua temuin kemaren somewhere in campus*
PP : Jadi gini ya. Ini tuh harusnya ...

Dan rundown gua pun dizolimi oleh bolepn yang dipegang Pak protokoler. Setengahnya salah semua. Untuk layout pun banyak bnanget yang dirubah. Yang lebih dalem lagi, pertanyaan selanjutnya dari orang yang gua lupa jabatannya apa, tapi yang jelas cukup tinggi.

Orang yang gua lupa tapi jabatannya cukup tinggi (OYGLTJCT) : Kalo MCnya siapa ya?
Gua : Saya pak. *dengan Pedenya*
OYGLTJCT: Ga ada yang cewe ya?
Gua : ............................

MAN!! Gua cari makan dari Job ngMC. Sekarang malah ditendang suruh cari pengganti yang laen dan itu harus CEWE. Ini entah karena keharusan dalam sebuah acara, entah karena kegatelan pengen liat MC cewe, atau entah pada ketakutan matanya jadi bintitan semua gara-gara ngeliatin gua. Namun sekali lagi, demi kesuksesan acara, gua langsung cabut salah seorang panitia acara dan gua sulap dia jadi MC untuk opening ceremony. 

Wagub datang, opening ceremony dimulai. Puji Tuhan kali ini kaga ada salah-salah lagi. Semua berjalan lancar. Cuma paduan suara aja yang Dirigennya rada mabok. Sebelumnya mereka bilang mau bawain 2 lagu. Tapi waktu lagu pertama beres, dirigennya malah balik lagi ke barisannya. Setelah gw kasih sorot mata MANA-LAGU-YANG-SATU-LAGI, dia pun sadar dan kembali memimpin temen-temennya buat nyanyiin lagu kedua. 


Ada beberapa kata sambutan di sini, yaitu dari Rektor, Ketua KONI, dan dari Wakil Gubernur (wagub). Tapi bagian sambutan wagub yang gua paling seneng. Biarpun cuma bentar, tapi kata-kata dari Dede Yusuf selaku wakil gubernur mantep bener. Tajam,menusuk sampai ke kedalaman hati, dan sangat membangun. Keren banget pokoknya. Itu jadi 15 menit yang luar biasa banget buat gua, panitia, dan seluruh peserta tentunya. 

By the way, di balik panggung juga ada sedikit kisah. Jadi waktu wagub lagi sambutan, gua ke belakang panggung buat ngecek pemukul gong plus nampannya, soalnya ntar peresmiannya pake pukul gong. Pemukulnya sih udah oke. Tapi nampannya itu yang kaga oke. Nampannya warna merah ngejreng, bahan plastik, dan ga banget pokoknya. Temen gua bilang tadi tuh udah beli kain warna item, tapi ga tau disimpen di mana. Sampe wagub udah mau beres kata sambutan pun gua masih belum nemu kain atau apapun yang bisa buat nutupin nampan yang ga banget itu. Dan di saat itulah, kekuatan tersembunyi gua muncul : THE POWER OF KEPEPET. 


Gua ngeliat ada tas surfer girl temen gua tergeletak di belakang panggung. Warnannya biru, bahannya dari kain gitu. Tasnya ada coraknya sih. Tapi kalo tasnya dibalikin, yang ada tinggal kain biru polos tapi ada pegangannya. Dan tiba-tiba gua ngedapetin apa yang gua cari dari tadi. 


Isi tasnya gua keluarin, setelah ijin sama yang punyanya pastinya. Biarpun sebenernya yang punya tas udah pasrah aja tasnya gua zolimi. Tasnya gua balik, jadi bagian dalemnya sekarang ada di luar. Nampan yang ga banget itu pun gua tutupin pake tas surfer girl ini. Ditambah dengan beberapa tempelan selotip, JENG...JENG..JENG..JENG.. Jadilah sebuah nampan berkain biru yang manis sekali, tepat dengan beresnya khotbah sambutan dari Pak Wagub. Nampan yang sudah siap tempur itu kini ada di tangan temen gua yang menyerahkan pemukul gong buat peresmian. MISSION : CLEAR


Fiiuuhhh. Lega dan seneng banget gua. Overall, it's awesome. Saat gua lagi salam-salaman sama temen-temen panitia, sekretarisnya Rektor ngedatengin gua. 


Sekretarisnya Rektor (SR) : Sori Mas. Ada titipin dari Pak Rektor. Katanya tadi ada yang salah penyebutan nama Rektornya. 
Gua : Oh iya? 

Pikir gua mungkin cuma salah gelar atau apa gitu. Gua pun ngambil rundown opening ceremony, tempat gua nulis nama rektor tadi. 


Gua : Yang mana Mbak yang salah ya?
SR : Yang tadi disebutin itu nama Rektor yang sebelumnya, Mas. 
Gua : ..................................
 

1 komentar: